Pembelajaran Bahasa Indonesia
Pembelajaran Bahasa Indonesia merupakan
salah satu materi pelajaran yang sangat penting di sekolah. Tujuan pembelajaran bahasa Indonesia adalah agar
siswa memiliki kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar serta dapat
menghayati bahasa dan sastra Indonesia sesuai dengan situasi dan tujuan
berbahasa serta tingkat pengalaman siswa sekolah dasar.
Tujuan pembelajaran bahasa Indonesia bagi siswa adalah untuk mengembangkan kemampuan
berbahasa Indonesia sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan minatnya, sedangkan
bagi guru adalah untuk mengembangkan potensi bahasa Indonesia siswa, serta
lebih mandiri dalam menentukan bahan ajar kebahasaan sesuai dengan kondisi
lingkungan sekolah dan kemampuan siswa.
Selain
itu, tujuan umum pembelajaran
sebuah Bahasa adalah memiliki peran sentral dalam perkembangan
intelektual, sosial dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang
keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Dengan pembelajaran Bahasa
memungkinkan manusia untuk saling berkomunikasi, saling berbagi pengalaman,
saling belajar dari yang lain dan untuk meningkatkan kemampuan
intelektual dan kesusasteraan merupakan salah satu sarana untuk menuju
pemahaman tersebut.
Pembelajaran
bahasa Indonesia di sekolah diharapkan
membantu siswa mengenal dirinya, budayanya dan budaya orang lain, mengemukakan
gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa
tersebut dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imajinatif yang
ada dalam dirinya.
Pendidikan bahasa Indonesia diarahkan
untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa
Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta
menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia.
Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia
Dengan pembelajaran bahasa Indonesia
agar siswa diharapkan memiliki kemampuan sebagai berikut:
1. Siswa diharapkan mampu menggunakan bahasa Indonesia
secara baik dan benar serta dapat berkomunikasi secara efektif dan efisien baik
secara lisan maupun tulis sesuai dengan etika yang berlaku.
2. Siswa bangga dan menghargai bahasa Indonesia sebagai
bahasa negara dan bahasa pemersatu bangsa Indonesia.
3. Siswa mampu memahami bahasa Indonesia serta dapat
menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan.
4. Siswa mampu menggunakan bahasa Indonesia untuk
meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial.
5. Siswa dapat membaca dan memanfaatkan karya sastra
untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan
pengetahuan dan kemampuan berbahasa.
6. Siswa diharapkan dapat menghayati bahasa dan sastra
Indonesia serta menghargai dan bangga terhadap sastra Indonesia sebagai
khazanah budaya dan intelektual Indonesia.
Aspek
kemampuan berbahasa yang meliputi keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca
dan menulis yang berkaitan dengan ragam bahasa maupun ragam sastra merupakan
ruang lingkup standard kompetensi
pembelajaran Bahasa Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar