Selasa, 30 Oktober 2018

Pengertian Software Open Source

Apa Itu Software Open Source ?

Berikut Pengertian dan Contohnya


Software Open Source 
Perkembangan teknologi komputer memang cukup pesat sekali, perkembangan teknologi komputer tersebut tak lepas dari dukungan para produsen dan developer yang selalu berusaha mengembangkan dan menciptakan teknologi - teknologi terbaru. Berbicara masalah komputer, tentunya sobat komputer sudah mengetahui bahwa didalam sebuah komputer dibutuhkan sebuah perangkat lunak atau disebut dengan software untuk dapat berkerja sesuai dengan yang diharapkan.
Setiap software dibuat dengan code - code pemrograman dengan alur sesuai dengan fitur - fitur yang akan ditawarkan oleh software tersebut. Dari berbagai macam jenis software komputer yang sudah didestribusikan ada salah satu jenis software yang cukup menyita perhatian pengguna komputer diseluruh penjuru dunia yaitu software open source, lalu apa itu open source ? dan apa saja contoh software open source ?. pada kesempatan kali ini Utopicomputers akan memberikan review mengenai pengertian open source dan beberapa contoh software opensource. Ok dari pada kita berlama - lama mari langsung pada topik ulasannya.
Open Source adalah sebuah istilah yang digunakan untuk software - software  dengan kode - kode program terbuka. Dalam hal ini sobat komputer dapat melihat, memodifikasi dan menambahkan kode - kode program sehingga fitur - fitur yang ditawarkan menjadi lebih lengkap. Berbeda dengan software close source, software open source biasanya dikembangkan oleh sebuah kelompok dengan tujuan sosial, sehingga untuk mendapatkan software ini pengguna tidak dikenakan biaya apapun.
Selain gratis, software open source juga memiliki fitur yang tak kalah dengan software - software berbayar, hal ini dikarenakan dukungan pengembang yang banyak dan tersebar diseluruh penjuru dunia, menjadikan software open source cukup handal untuk digunakan. Apabila ada bug - bug pada software tersebut komunitas pengembang akan segera memperbaikinya.
Perkembangan software open source tidak dapat lepas dari teknologi internet, hal ini tidak bisa dipungkiri karena internet mempermudah dan mempercepat software open source untuk dikembangkan dan didistribusikan. Para komunitas biasanya berkumpul dalam sebuah wadah khusus di internet untuk mengembangkan software open source.
Dari sini sobat komputer pasti sudah memahami pengertian software open source, dan dibawah ini ada beberapa contoh software open source yang sudah banyak beredar di Internet dan tentu dapat sobat gunakan secara gratis.

Contoh Software Open Source

  • Linux : Merupakan sistem operasi yang cukup populer dikalangan pengguna komputer, sobat komputer dapat mendapatkan software open source yang satu ini dengan gratis tanpa biaya sepeserpun.  Selain dikenal dengan sistem operasi yang cukup tangguh, Linux juga dapat sobat modifikasi sesuai dengan kebutuhan.

  • Android : Merupakan sebuah sistem operasi smartphone yang cukup populer dewasa ini, software ini dikebangkan oleh raksasa internet Google dengan fitur - fitur yang berkelas dan canggih.

  • Open Office : Merupakan software perkantoran dengan fitur - fitur yang cukup lengkap, didalam software open source yang satu ini terdapat komponen - komponen software seperti word processor, spreadsheet,  presentation program, vector graphics editor, database program dan lain sebagainya.

  • Mozilla Firefox : Merupakan sebuah software browser yang juga cukup populer, software open source yang satu ini memiliki fitur - fitur yang cukup baik untuk pengguna internet diseluruh penjuru dunia.

  • XAMPP : Merupakan sebuah software yang digunakan untuk membangun sebuah web server, Software open source yang satu ini banyak digunakan untuk simulasi dan pengembangan aplikasi website.

  • Clam Software : Merupakan software utility yang bersifat open source, beberapa software Clam yang yang bersifat open source antara lain Clam AV, Clam Win, dan Clam Audio.

  • Gimp : Merupakan contoh software open source yang dapat digunakan untuk editing foto digital. Software ini cukup mudah untuk digunakan dan fitur yang ditawarkan juga cukup lengkap.

  • Blander : Merupakan salah satu contoh software open source yang digunakan untuk pembuatan model 3D seperti game dan animasi.

  • AudaCity : Merupakan salah satu software open source yang dapat digunakan untuk editing audio dan musik, Software ini cukup populer dikalangan pengguna komputer, karena fitur dan kemudahan dalam penggunaannya.

Itulah ulasan mengenai pengertian software open source dan beberapa contoh software open source, semoga ulasan diatas dapat memberikan gambaran mengenai apa itu open source ?. Sampai jumpa lagi pada topik teknologi komputer berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Computer

Dept Collector

Simak  larangan  debt collector pinjol  dalam penagihan utang. Ternyata ada larangan debt collector dalam menagih utang ke debitur yang menu...

Software