Selasa, 30 Oktober 2018

Pengertian Software Freeware


         Software Freeware adalah sebuah software yang dapat sobat miliki dan sobat gunakan secara gratis tanpa dikenakan biaya sepeserpun. Meskipun gratis, ada kebijakan - kebijakan yang dibuat oleh pengembang aplikasi untuk para penggunanya. Seperti larangan untuk memodifikasi, memperjual belikan serta menggunakan software tersebut untuk kepentingan komersial.
Kebanyakan dari pengguna komputer belum bisa membedakan apa itu software Freeware dan apa itu software open source, mereka mengganggap bahwa keduanya adalah sama. Meskipun sama - sama gratis, pada kenyataannya ada perbedaan dari kedua jenis software tersebut. Software Freeware adalah software yang dirilis dan disebar luaskan dalam bentuk matang, dalam hal ini pengguna tidak dapat melihat, memodifikasi dan menambahkan fitur - fitur pada software tersebut.
Sedangkan software open source dirilis dan dipublikasikan berserta dengan kode sumbernya, jadi apabila sobat komputer ingin menambahkan fitur pada software open source, sobat komputer perlu mengubah kode sumber yang telah disediakan oleh pembuatnya. Akan tetapi sobat perlu merilis ulang software tersebut dengan tetap menyertakan credit dari pembuatnya. Bisa dikatakan bahwa software Freeware masih termasuk dalam kategori software close source.
Dari sini sobat komputer tentu telah memahami apa yang dimaksud dengan Freeware ?, dan dibawah ini adalah beberapa contoh Freeware yang mungkin telah sobat kenal sebelumnya.

Contoh Software Freeware

  • Google Chrome : Merupakan salah satu contoh aplikasi Freeware yang dikeluarkan oleh raksasa internet Google, yang dapat sobat gunakan untuk mengakses halaman website ( Browsing ).

  • Avira Free Antivirus : Merupakan software Freeware yang berfungsi sebagai penangkal komputer dari serangan virus. Walaupun software ini gratis, Avire Free Antivirus memiliki kemampuan yang cukup mempuni untuk membentengi komputer sobat dari serangan virus.

  • WhatsApp : Merupakan contoh aplikasi Freeware yang dapat digunakan untuk komunikasi ( Aplikasi Chatting ). Aplikasi ini cukup populer dikalangan pengguna smartphone diseluruh dunia.

  • Photoscape : Adalah sofware opensource yang dapat sobat gunakan untuk mengedit foto. Software Freeware yang satu ini menawarkan fitur yang lengkap dan tampilan yang cukup mudah untuk digunakan.

  • 7-zip : Bagi sobat komputer yang ingin menkompress data atau file akan tetapi masih kesulitan untuk mencari software apa yang bisa digunakan, software Freeware yang satu ini bisa menjadi pilihan untuk sobat.

  • Youtube Downloader : Merupakan salah satu contoh Freeware yang dapat sobat gunakan untuk mendownload video dari situ Youtube dengan cara yang cukup mudah.

  • CCleaner : Adalah satu contoh software Freeware yang dapat sobat gunakan untuk membersikan file - file sampah dari komputer sobat.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian freeware dan apa saja contoh software freeware yang dapat kita pasang pada perangkat komputer kita. Semoga ulasan diatas dapat memberikan wawasan kepada kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Computer

Dept Collector

Simak  larangan  debt collector pinjol  dalam penagihan utang. Ternyata ada larangan debt collector dalam menagih utang ke debitur yang menu...

Software