Senin, 01 Oktober 2018

Lifestyle

Kenapa Harus Banyak Minum Air Putih Saat Flu? Dan Seberapa Banyak?



Mungkin Anda sering mendengar anjuran “Jangan lupa banyak minum air putih kalau lagi sakit”. Meski sebenarnya kita butuh minum air cukup banyak ketika sakit atau tidak, tentu Anda setuju dengan anjuran tersebut. Hal ini harus dilakukan, apalagi sedang terserang penyakit infeksi seperti flu.
Flu memang bukan penyakit yang berbahaya, tapi mengalami ini tentu tidak menyenangkan. Hidung meler setiap hari hingga batuk yang mengganggu. Nah, supaya cepat pulih Anda harus banyak minum air putih. Bingung kenapa harus banyak minum air putih? Simak penjelasannya berikut ini.

Kenapa harus banyak minum air putih saat flu?


Ternyata, banyak minum air putih bisa jadi salah satu obat alami supaya cepat pulih dari pilek, demam, ataupun batuk yang Anda alami.
Setiap sel dalam tubuh Anda terdiri dari air. Beberapa sel tersebut sudah bekerja keras untuk melawan kuman yang membuat Anda sakit atau pilek. Saat Anda sakit, termasuk saat Anda sedang flu atau demam, jumlah cairan dalam tubuh berkurang. Jadi, agar tubuh tetap bisa melawan kuman penyakit, Anda butuh minum banyak air putih.
Selain itu, gejala pilek dan demam membuat Anda sangat mudah berkeringat, diare, ataupun muntah. Kondisi tersebut membuat jumlah cairan di dalam tubuh kian berkurang. Alhasil, Anda rentan mengalami dehidrasi. Jika tidak banyak minum air putih, bukannya tubuh cepat pulih malah kondisinya bisa tambah buruk.
Banyak minum air putih bisa membantu melegakan lendir di bawah hidung dan mengurangi terjadinya penyumbatan di hidung. Jadi, Anda akan cepat bebas dari hidung yang meler ataupun tersumbat.

Seberapa banyak jumlah cairan yang harus diminum saat flu?


Ketika Anda mengalami pilek atau flu minumlah paling sedikit delapan cangkir berukuran 250 ml setiap hari. Bahkan sebaiknya banyak minum melebihi batas ini. Segera minum juga setiap kali Anda merasa haus.
Untuk anak berusia di atas 1 tahun yang sedang pilek, pastikan mereka minum minimal 90-120 ml air per hari. Jika anak di bawah 1 tahun diperlukan setidaknya 30-60 ml cairan per jam nya. Pantau anak untuk selalu minum saat pilek atau flu.
Bagi wanita hamil yang sedang pilek, asupan cairan minimal 10 gelas per hari harus terpenuhi dengan minimal ukuran gelas 250 ml.

Selain air putih, minuman ini juga bisa diandalkan

Air putih adalah cairan terbaik untuk diminum ketika Anda terkena pilek, sebab air putih dapat membantu melumasi selaput lendir tenggorokan. Apalagi jika air putih yang diminum dalam bentuk masih hangat. Ini pilihan yang paling baik. Sebab minuman panas masih memiliki uap panas yang bisa mengurangi penyumbatan pilek Anda.
Selain air putih, terdapat beberapa minuman lainnya:

Teh hangat

Teh hangat dapat membantu meredakan hidung tersumbat dan juga sakit tenggorokan yang mungkin muncul menyertai flu atau pilek Anda.
Ditambah lagi, secangkir teh hangat memberikan rasa nyaman untuk tubuh. Sebaiknya, pilih salah satu teh dengan campuran herbal seperti jahe. Jahe akan membantu mendorong sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat.
Anda juga bisa menambahkan madu asli untuk mendapatkan ekstra rasa menenangkan dan membantu Anda tidur lebih baik.

Air lemon

Lemon adalah sumber bahan akan yang tinggi akan vitamin C dan antioksidan lainnya. Lemon bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit yang menyebabkan pilek ataupun virus.
Anda dapat mencampurkan perasan lemon dengan segelas air panas dan satu sendok makan madu untuk membuat rasa air lemon Anda lebih nikmat dan menenangkan.

Kuah sup

Tidak harus selalu dalam gelas atau cangkir, cairan juga bisa Anda dapatkan dari sup kaldu yang hangat. Sup kaldu bahkan mengandung zat gizi yang lebih lengkap dibandingkan minuman lainnya.
Contoh saja misalnya Anda membuat sop kaldu ayam. Di dalam sop pasti terdapat banyak komponen sayuran, bukan? Anda juga bisa menambahkan suwiran daging ayam di dalamnya.
Seperti yang Anda sudah ketahui , sayur merupakan sumber vitamin dan mineral bagi tubuh, sedangkan ayam merupakan protein. Kedua, komponen zat gizi ini sangat diperlukan dalam pembentukan kekebalan tubuh agar Anda semakin kuat.
Bukan hanya memperkuat kekebalan, sup juga mengandung kalori, inilah yang bisa membantu Anda memenuhi kebutuhan kalori yang dibutuhkan.


Salam Sehat............!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Computer

Dept Collector

Simak  larangan  debt collector pinjol  dalam penagihan utang. Ternyata ada larangan debt collector dalam menagih utang ke debitur yang menu...

Software