Senin, 15 Juli 2019

Sejarah Singkat Penemuan Handphone

Sejarah Singkat Penemuan HP

Handphone pertama kali ditemukan oleh seorang karyawan Motorola pada tahun 1973 bernama Martin Cooper. Model handphone pertama yang dikeluarkan oleh Motorola adalah DynaTAC. Yaitu sebuah perangkat genggam berukuran kecil dan mudah dibawa ke mana-mana sehingga fungsinya jauh lebih fleksibel jika dibandingkan dengan telepon konvensional. Telepon genggam pertama yang dianggap berukuran kecil tersebut beratnya mencapai 2 kg. Untuk memproduksi 1 buah telepon genggam, Motorola membutuhkan dana sekitar USD 1 juta.
Tidak butuh waktu lama, inovasi dan perkembangan telepon yang pesat membuat biaya produksinya jadi lebih murah di kemudian hari. Tercatat, pada tahun 1984, telepon genggam portable harganya turun menjadi sekitar $ 4 ribu atau setara dengan Rp 36 juta. Saat ini, harga hp semakin murah dan terjangkau. Bahkan sebuah smartphone sekalipun, tidak sedikit yang harganya dibawah Rp1 juta--seperti yang ditawarkan oleh Xiaomi melalui Redmi 5A yang pada awal kemunculannya dijual dengan harga sekitar Rp 999.000.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Computer

Dept Collector

Simak  larangan  debt collector pinjol  dalam penagihan utang. Ternyata ada larangan debt collector dalam menagih utang ke debitur yang menu...

Software