Jumat, 23 Agustus 2019

OTOMOTIF

Adu Kuat Motor Honda Sonic 150R VS Satria Fu Injeksi


Persaingan dipasar motor bebek sport sepertinya pada tahun 2016 akan lebih sengit dan ketat lagi. Pasalnya raksasa motor yang ada di Indonesia telah mengeluarkan varian terbarunya yang sudah dipersiapkan dalam waktu yang lama yaitu Motor Honda Sonic 150R. Sebenarnya sudah hal yang lumrah apabila setiap tahun para produsen motor mengeluarkan motor terbarunya. Dan yang menjadi perbincangan hangat di masyarakat Indonesia khususnya pecinta roda dua yaitu desain atau tampilan motor bebek sport honda ini benar benar mirip dengan motor satria fu yang merupakan hasil ciptaan suzuki.
Dengan kemiripan desain pada body yang ada pada motor ini,secara tidak langsung menimbulkan spekulasi di benak para penyuka roda dua. Apakah dikeluarkannya Honda Sonic 150R memang secara khusus membawa misi untuk menggeser kejayaan satria fu yang sudah beberapa periode ini menjadi penguasa dipasar motor bebek kelas 150cc? Sebagaimana yang kita ketahui bersama hingga saat ini belum ada motor bebek 15cc yang mampu menggeser kejayaan satria fu. Bahkan varian motor Honda CS1 yang membawa mesin 150cc juga pun tidak mampu menggeser posisi dari satria fu.
Dan setelah resmi dikeluarkan pada akhir tahun 2015,semua pertanyaan dan spekulasi yang ada pada benak pecinta motor terjawab sudah. Setelah seara resmi pihak honda menyatakan bahwa misi khusus dari dikeluarkannya motor ini yaitu supaya menjadi raja motor di pasar motor kelas 150cc. Dengan pernyataan tersebut, secara tidak langsung mengiyakan bahwa dikeluarkannya motor Honda Sonic 150R untuk menggeser posisi Satria Fu. Dimana motor bebek sport honda ini telah melalui berbagai macam pengembangan baik itu dalam desain maupun performanya.

Namun yang menariknya lagi ternyata dari pihak Suzuki juga telah menyiapkan produk terbarunya yaitu Suzuki Satria Fu Injeksi, dimana motor terbaru ini bisa menjadi tameng dari gempuran motor bebek sport honda yaitu Sonic 150R. Setelah beberapa bulan pihak honda mengeluarkan motor terbarunya ini, pihak suzuki juga langsung mengeluarkan secara resmi Suzuki Satria Fu Injeksi. Adapun keunggulan Suzuki Satria Fu Injeksi yang tidak ditemukan pada motor satria fu varian sebelumnya yaitu penggunaan sistem bahan bakar injeksi yang disematkan pada mesinnya. Dengan adanya sistem injeksi tersebut, pihak suzuki mengklaim bahwa motor terbarunya ini merupakan paling irit dikelas 150cc. Dengan hadirnya Satria Fu Injeksi di 2016 ini, banyak pengamat otomotif yang meramalkan bahwa persaingan dipasar kelas 150cc akan berlangsung sengit. Hal ini disebabkan setiap produsen motor mengeluarkan produk terbarunya yang membuat persaingannya menjadi seimbang dan adil. Dan yang menjadi pertanyaan besar masyarakat yakni manakah yang lebih kuat antara Motor Honda Sonic 150R dengan Suzuki Satria Fu Injeksi? Dan untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami akan mencoba membuat sebuah perbandingan antara Honda Sonic 150R dengan Satria Fu Injeksi.

Perbandingan Honda Sonic 150R  vs Satria Fu Injeksi

Headlamp
Bagian “tubuh” pertama yang akan kami bandingkan terlebih dahulu antara Satria Fu Injeksi dengan Honda Sonic 150R yaitu dibagian headlampnya. Meski dari kejauhan bagian depan ini memiliki tampilan yang sama namun dibagian desain lampnya berbeda, bisa dilihat dibagian headlamp satria fu injeksi desainnya lebih memanjang keatas mirip kepala dan agak berisis. Sementara untuk headlamp pada Sonic 150R yaitu memiliki desain headlamp yang condong kecil seperti kepala robot transfomer yang pernah di filmkan.
Speedometer/ Dashbord
Perbandingan selanjutnya yang akan kami coba ulas pada bagian dashbordnya. Untuk penggunaan speedometer, keduanya sama sama mengusung speedometer full digital. Namun yang membedakan hanya bentuk speedometernya saja. Untuk pemakaian stang, keduanya juga sama sama menggunakan stang jepit.
Sistem Pengereman
Sekarang berlanjut ke bagian sistem pengereman,untuk sistem pengereman depan bagian depan Satria Fu Injeksi memiliki bentuk cakram yang lebih menarik. Dengan bentuk melengkung dengan 2 piston pengereman jenis brembo membuat motor ini lebih stabil. Sementara untuk sistem pengereman sonic hanya mengandalkan 1 piston rem saja.
Knalpot
Melihat bentuk knalpotnya, rasanya bentuk knalpot Satria Fu Injeksi lebih futuristik dibandingkan dengan bentuk new honda sonic 150r. Selain bentuknya, warna pada kenalpotnya pun tampil lebih doff dengan penutupnya warna chrome. Dan untuk Honda Sonic sendiri, warnanya lebih mengkilap sebab hampir semua warna kenalpotnya chrome.
Performa
Dan ini bagian yang paling menarik atau yang paling ditunggu tunggu Honda Sonic Vs Satria Fu Injeksi. Banyak para sahabat otomotif yang penasaran, siapa yang paling kuat dalam urusan performa. Oke mari satu persatu kita ulas, mesin satria fu injeksi menggunakan DOHC 4-Valve dengan silinder tunggal yang di dukung dengan sistem pendingin Liquid-Cooled yang membawa mesin sebesar 147 cc dengan jumlah 6 transmisi. Dengan mesin tersebut, motor bebek sport suzuki ini mampu melaju dengan kecepatan r 18.2 HP (13.6 KW) @ 10.000 RPM. Tidak hanya itu saja, konsumsi bahan bakarnya pun lebih irit dibandingkan dengan varian sebelumnya sebab telah dibekali sistem bahan bakar injeksi yang dapat menekan konsumsi bahan bakar yang lebih irit.
Sementara mesin yang digunakan pada Motor Honda Sonic 150R yaitu type mesin 4-langkah DOHC 4 katup yang berkapasitas 149,16cc. Dengan dipersenjatai kapasitas mesin sebesar itu, sonic 150r mampu mengeluarkan tenaga sebesar 11,8 kW atau 16 Ps pada 9.000 RPM. Sedangkan untuk sistem bahan bakarnya, motor ini masih sama dengan satria fu injeksi menggunakan sistem Programmed Fuel Injection yang siap menekan konsumsi yang lebih irit. Dan jika dilihat dari kekuatan yang dihasilkan kedua motor tersebut, rupanya satria fu injeksi masih yang paling tercepat di kelas motor 150cc. ðŸ˜€
Bagasi dan Jok
Beralih ke bagian jok dan bagasi, perbandingan antara satria fu injeksi dan honda sonic dibagian ini sangat terlihat dari penempatan letak tangki bensin. Untuk satria injeksi tangki bensin diletakan pada bagian depan, sementara untuk honda sonic diletakan pada bagian belakangnya.

Kesimpulan

Dan setelah menjabarkan satu persatu bagian motor Satria Fu Injeksi vs Honda Sonic 150R, kami menyimpulkan bahwa untuk desain motor satria fu injeksi lebih berotot dibandingkan dengan rivalnya. Sementara untuk kerampingan body, motor honda sonic 150r lebih rampiing dibandingkan dengan satria injeksi. Kemudian untuk masalah performa, seperti yang sudah kami jabarkan diatas bahwa kekuatan Motor Honda Sonic 150R masih belum mampu mengalahkan kekuatan yang ada pada Satria Fu Injeksi. Untuk selisih kekuatannya hanya 500 RPM saja,walaupun selisih 500 RPM pada saat dilajukan pasti akan sangat berbeda selisih jaraknya. Dan untuk mana yang paling irit, kami rasa dua duanya memiliki konsumsi bahan bakar sama irit sebab telah dilengkapi sistem injeksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Computer

Dept Collector

Simak  larangan  debt collector pinjol  dalam penagihan utang. Ternyata ada larangan debt collector dalam menagih utang ke debitur yang menu...

Software